KEBUDAYAAN BARAT ATAU KEBUDAYAAN TIMUR

Temen-temen sekalian,

Kalau moralitas ibarat tanaman di taruh di atas pot atau di sebongkah tanah, yang namanya kebudayaan. Kemudian jenis kebudayaannya kita sebut kebudayaan timur dimana disana ada kebudayaan barat. Sekarang kita ingin bertanya, yang mana dari Jakarta ini yang kebudayaan timur? Dan apakah kalau anda ke Makau, ke Honkong, anda Ke New York, anda ke San Fransisco, ke Chichago maka anda bisa sebut kebudayaan barat. Cinta  kepada ibu bapak itu kebudayaan timur apa kebudayaan barat? Cinta dan pacaran itu kebudayaan timur apa kebudayaan barat. Yang mana sebenarnya yang kebudayaan timur yang mana yang kebudayaan barat. Kadang-kadang orang barat sangat timur, kadang-kadang orang timur sangat barat. Kadang-kadang orang barat sangat sosial, kadang-kadang orang timur sangat individualistis. Padahal ada kategori-kategori baku bahwa barat itu individualistis, bahwa timur itu suka gotong royong dan kolektif. Ternyata dalam prakteknya bisa terbalik sama sekali.

Pertanyaan saya, kembali kepada dasar pemahaman, ilmu sederhana mengenai moralitas. Apa bener moral ini bisa kita tanam di atas pot bunga kebudayaan tadi. Ataukah kita harus menemukan tanah yang lebih permanen, yang bisa menjaga moral itu tanpa batas waktu, tanpa batas era, tanpa batas kurun, tanpa batas zaman. Sampai zaman apapun moral A adalah A, B adalah B. Nah kalau kebudayaan tidak bisa. Kebudayaan itu, sekarang bilang A itu baik tahun depan bilang A itu jelek. Ah, jadi sekali pertanyaannya, mungkinkah kita mengandalkan kebudayaan ataukah kita harus mencari dasar-dasar nilai lain untuk menjaga moralitas.

Emha Ainun Nadjib.

*di tulis ulang dari rekaman radio Delta FM

Iklan

About Gie.lank18

Kadang detak kehidupan tak sempat terekam Kadang sebuah pemikiran datang dan tak sempat terealisasikan. Hanya sedikit catatan tentang kehidupan

Posted on 8 Juli 2012, in Maiyah and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: