JANGAN MEMBERI ANAKMU NASI YANG TIDAK PASTI HALAL

Teman-teman Delta sekalian

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Para ulama para habib para ustads selalu memperingatkan eh, jangan kasih anakmu sesuap nasi yang tidak pasti halal. Selalu memperingatkan selalu hitunglah itu nasi di piring  tempat makanmu itu air yang diminum oleh anakmu. Selalu perhitungkan jangan sampai ada satu anasir haram yang masuk melalui mulut dia kedalam perut dia, diolah oleh usus, kemudian diurai menjadi zat-zat, menjadi protein, menjadi lemak menjadi segala macam dan kemudian masuk ke dalam darah. Dan dia mengalir, kemudian darah itu akan menentukan denyut jantungmu, akan menentukan seluruh kerjanya urat syaraf sampai ke otakmu, akan menentukan dialektikanya dengan segala macam getaran elektromagnetik di kepalamu, akan menentukan suplainya ke otak kiri ke otak kanan dan lain sebagainya lain sebagainya.

Sehingga kalau ada satu unsur haram dari makanan yang dimakan oleh anakmu maka dia akan menciptakan mudharat-mudaharat secara akumulutif dan tidak bisa di hitung oleh ilmu manusia. Ini kalau, kalau di turutin ya Allah, susah banget, apa namanya, untuk bisa bener-bener makan sesuatu yang halal. Maka mungkin itu sebabnya Tuhan maha pemaaf, karena manusia tidak akan punya ilmu sampai sedetail itu. Kita bisanya itu ya hanya satu tahap, satu petak. Jadi misalnya kalau beli apa-apa di warung, warungnya jelas menjamin halal ya sudah itu yang kita beli. Kita tidak bisa di kejar di belakang warung ini bagaimana asal-usulnya, kan begitu.

Jadi bekal kita saya kira, kalau hanya pakai ilmu dan penelitian untuk mengetahui sesuatu itu halal apa haram, kan tidak mampu kita. Maka bekal kita yang terbaik dalam hidup ini adalah istighfar. Slalu memohon ampun kepada Allah, sehingga mudah-mudahan kalau tak sengaja ada makanan haram masuk ke dalam mulut kita meskipun kita tidak mencurinya, tapi ternyata yang kita beli itu barang curian misalnya, sehingga kita sebenarnya menjadi tukang tadah. Itu masih ada netralisatornya, masih ada eliminatornya yaitu ampunan Allah. Dan untuk mendapatkan ampunan Allah itu, jalannya cuman satu yaitu membiasakan memohon ampun. Ya kalau orang islam selalu ber-istighfar, Astagfirullah aladhim, Astagfirullah rabbal baroya, Astagfirullah minal khotoya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh….

Emha Ainun Nadjib

Untuk Delta FM

Iklan

About Gie.lank18

Kadang detak kehidupan tak sempat terekam Kadang sebuah pemikiran datang dan tak sempat terealisasikan. Hanya sedikit catatan tentang kehidupan

Posted on 17 Juni 2012, in Maiyah and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: