Metamorfosa Blog : Sebuah Pilihan Konsep

Ketika kita hidup tentu akan selalu di hadapkan oleh sebuah pilihan-pilhan. Terkadang pilihan tersebut berat untuk diputuskan, karena penuh dengan pertimbangan argumentasi yang latar belakangnya bisa bermacam dan tentu beda antara satu dengan yang lainnya. Intinya bila kita ingin terus hidup, ya harus dapat menentukan pilihan-pilihan yang mudah-mudahan menjadi pilihan yang terbaik untuk kita.

Begitupun dengan blog ini. Ketika pertama saya membuat blog, mungkin karena iseng saja ataupun juga karena latah atau ikut-ikutan trend mode saja. Dengan awalnya membuat konsep di dalam blog ini merupakan blog gado-gado yang berisi bermacam-macam informasi-informasi atau apapun saja yang layak “di jual” di Internet. Terkadang banyak posting yang tidak konsisten, namun motivasinya adalah hanya sebatas menaikkan rank blog saja. Sehingga terdapat beberapa postingan yang terkesan hanya untuk memenuhi blog saja.

Untuk itulah, saat ini dengan kondisi sekarang, konsep blog ini akan saya ubah dengan hanya memfokuskan kepada artikel, esai, ataupun tulisan yang lain yang di rasa menyumbangkan manfaat dan yang terpenting adalah original. Hasil dari benih karya sendiri meskipun jelek. Dan bagi saya itu lebih membanggakan daripada hanya sekadar mengejar trafik blog saja.

Saya memutuskan untuk memilih jalur yang berbeda. Yang membuat blog ini tidak hanya untuk mengejar jumlah pengunjung, adsense atau apapun. Saya memilih untuk tidak mengikuti lagi berbagai macam blog yang terkadang tidak mengindahkan kreativitas dan hanya terkesan mengambil jalan pintas. Karena terkadang banyak di jumpai blog-blog yang sejenis, atau boleh di bilang hampir seragam. Namun bukan berarti saya tidak setuju dengan blog-blog model begituan, karena bagaimanapun tetap harus kita apresiasi karena ikut menyebarkan informasi massal. Meskipun tetap harus kita hargai pemilik kreativitasnya bila ingin tulisannya kita cantumkan di blog kita.

Banyak blog yang bagus dan mempunyai pengunjung tinggi meskipun beberapa postingnya berisi informasi repost, plagiat, copas, ataupun saja. Yang penting tujuannya tercapai yaitu trafiknya tinggi. Meskipun mengorbankan etika kepenulisan, karena mengutip, mencopy tanpa mencamtumkan sumbernya. Bila memang dalam blog ini masih ada, tolong saya di beritahu oleh para sidang pembaca, dan dengan senang hati akan saya revisi.

Dan selanjutnya saya tidak akan memposting hal-hal yang berkaitan dengan misalnya download gratis, tips dan trik atau lain sebagainya. Bukan saya tidak mau, namun keterbatasan pengetahuan saya saja.. Apabila teman-teman ingin mendapatkan informasi tentang hal-hal tersebut di atas, google maupun mesin pencari lainya menyediakan banyak sumbernya. Tinggal kita telusuri saja sesuai dengan kehendak kita. Namun jangan kecewa bahwa, informasi seputar hal-hal itu, masih saja berputar-putar atau dengan kata lain hanya itu-itu saja. Blog atau situsnya mungkin berbeda, tapi terkadang isinya sama. Bahkan mungkin hanya beda beberapa kalimat saja. Dan jika saya memilih opsi itu, berarti saya mengulang kembali dari informasi-informasi yang sudah ada. Dan sekali lagi, saya tidak akan menambahi kembali.

Namun konsekuensinya mungkin akan mempengaruhi trafik pengunjung blog ini. Karena bagaimanapun, indeks kata seperti download, internet gratis, tips trik maupun informasi-informasi sejenis masih menduduki peringkat tinggi di search engine google, yahoo, bing dan lainnya. Dengan meniadakan, atau mengurangi tag itu, berarti akan mengurangi jumlah pengunjung yang datang ke blog ini.

Namun saya tidak bisa menolak. Itu merupakan bagian dari pilihan. Setiap orang pasti akan memilih dari banyak hal. Dan ketika memilih, seyogyanya juga jangan pernah menyesal dengan pilihan kita. Karena sedikit kita menyesal akan hilang keberkahan dan hikmahnya. Jadi, semoga pilihan ini, yang berangkat dari niat untuk menghargai, menjunjung tinggi orisinalitas dapat menjadi manfaat baik bagi pribadi saya, anda dan Indonesia.

Gilang Prayoga

Bobotsari, 05 April 2012

22.18 WIB

About Gilang Prayoga

Kadang detak kehidupan tak sempat terekam Kadang sebuah pemikiran datang dan tak sempat terealisasikan. Hanya sedikit catatan tentang kehidupan

Posted on 5 April 2012, in MENU BARU 1 and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

