Catatan Kecil Buat Temans….

Beberapa hari yang lalu disela-sela mendengarkan sambutan kepala sukunya konsultan di acara penutupan MUSBES UPK, aq teringat akan kata2 bijak seseorang, yang biasa aq dengar melalui rekaman MP3…..kalo menurut aq ga beda jauh apa yang diharapkan si “kepala suku” dengan apa yang di sampaikan di “seseorang ini”……jad teman ini catatannya, semoga bisa memotivasi kita semua….. ^_^

Catatan Kehidupan Emha Ainun Najib

Sesungguhnya telah datang kepada kita beberapa kisah yang di dalamnya terdapat cegahan dari kekafiran, dan itulah suatu hikmah yang sempurna.

Saya sering dianggap sombong oleh teman-teman saya karena saya selalu mengatakan bahwa saya “Tidak akan pernah mau hidup di dunia untuk mencari uang”. Jadi saya tidak pernah mencari uang, saya menulis, mungkin saya bikin puisi, mungkin kadang-kadang saya bermain musik, mungkin kadang-kadang saya melakukan apapun yang diminta masyarakat. Tapi Saya Tidak akan pernah melakukan apapun di dunia ini untuk mencari uang, Artinya; Uang harus hanya menjadi efek moral dari sebuah pekerjaan.

Kalau anda nyetir, nyopir bis, itu meskipun anda ndak nyari uang anda dapat bayaran. Maksud saya Anda tidak perlu menjadi makhluk yang merendahkan dirinya dengan mengejar-ngejar makhluk lain yang namanya uang, karena anda lebih tinggi dari uang. Yang kita perlukan adalah bagaimana supaya kita menjadi sebuah kepribadian dengan sifat, sikap dan perilaku yang membikin uang mengejar kita.

Jadi misalnya apa yang disebut amanat, amanah ya. Jadi orang merasa aman sama anda. Kalo orang nitipin motor ke anda, orang percaya motornya nggak akan rusak, nggak akan dipake yang enggak-enggak. Orang menitipken jabatan kepada anda, orang merasa aman kepada anda, itu disebut Mukmin kalo dalam Islam. Asal anda bikin orang aman, anda bisa dipercaya, anda membikin segala sesuatu stabil, maka anda tidak perlu cari uang. Karena uang akan sibuk mencari anda.

Jadi itu yang saya maksudkan, jangan ….. ehm…menurut saya jangan menyibukkan diri dengan…..SIBUK HATINYA, FIKIRANNYA, DARAHNYA, EMOSINYA, BATINNYA, JIWANYA, SHOLATNYA, HAJINYA…… untuk mencari uang. Karena derajatnya uang itu yang mencari anda, Anda derajatnya adalah dicari oleh dunia. Anda tidak punya derajat yang rendah untuk mencari dunia, kalo menurut Alloh seperti itu.

Jadi sesungguhnya dengan anda tidak terlalu.. ee.. berkonsentrasi mencari uang, sesungguhnya potensi uang yang datang kepada anda jauh lebih banyak daripada kalo anda sibuk mencari uang. Ini ekonomi cyclical namanya…..

EmHa Ainun Najib untuk Delta FM

PS : makasih buat “someone'”  sudah memberikan catatan ini buat aq … saranghe

Oleh : Ayu Dyah Setyorini

Iklan

About Gie.lank18

Kadang detak kehidupan tak sempat terekam Kadang sebuah pemikiran datang dan tak sempat terealisasikan. Hanya sedikit catatan tentang kehidupan

Posted on 13 Februari 2012, in Kolom Esai and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: