TUGAS RESUME BUKU MANAJEMEN

Nama Buku                 : Manajemen Supervisi / Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor

Penulis                                    : Agus Dharma

Penerbit                       : PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Intisari :

Perananan seorang supervisor sebagai bagian dari manajemen perusahaa memainkan peran penting dalam upaya peningkatatan produktivitas. Menjadi supervisor berarti menduduki jabatan dengan tangggung jawab dan pekerjaan yang berat dan sekaligus menantang. Para supervisor bertanggungjawab atas pekerjaan orang lain dan pekerjaannya sendiri. Mereka harus memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan bertindak.

Bab satu mengetengahkan hal-hal yang perlu diketahui para manajer supervise (supervisor) untuk memahami kedudukan dan pekerjaan mereka, prinsip-prinsip dasar supervise dan keterampilan yang perlu dimilki. Para manajer dikelompokkan dalam tingkat manajemen yang berbeda dan berurusan dengan masalah yang tidak sama. Supervisor memiliki dua tugas : pertama adalah tugas yang melibatkan mereka dalam pelaksanaan langsung suatu pekerjaan dan kedua, tugas yang melibatkan supervisor dalam mengkoordinasikan pekerjaan yang dilakukan bawahan. Untuk melaksanakan tugas itu dengan baik, supervisor memerlukan dua jenis ketrampilan, yaitu ketrampila teknis dan keterampilan interaksi.

Bab dua mengetengahkan cara yang dapat ditempuh para supervisor untuk meningkatkan kemampuan menyusun rencana. Penyusuna rencana (perencanaan) mengungkapkan cara untuk mencapai tujuan. Dengan rencana yang baik, seorang supervisor dapat mengarahakn dan mengendalikan pelaksanaan pekerajaan secara lebih efisien dan efektif. Proses perencanaan yang baik meliputi pelaksanaan langkah-langkah berikut: mengidentifikasi tujuan umum, menetapkan sasaran, menyusun rencana pelaksanaan, menetapkan spesifikasi standar pengendalian dan meninjau ulang rencana pelaksanaan. Para supervisor perlu menyadari bahwa tanpa rencana yang baik, segala sesuatunya terjadi karena faktor kebetulan semata.

Bab tiga mengetengahkan uraian pendekatan kepemimpinan mendidik yang perlu diterapkan dalam memberdayakan bawahan mereka. Hakikat kepemimpinan dalam organisasi adalah proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi. Esensinya adalah pendayagunaan pengaruh untuk mendiring karyawan agar bekerjasama berkinerja secara produktif. Bab ini mengajak supervisor memahami gaya kepemimpinan mereka dalam mengelola bawahan dan menerapka gaya yang paling sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Bab empat menguraikan pengetahuan dan ketrampilan supervisor untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi (secara efektif) merupakan salah satu kemampuan yang paling penting karena supervisor mengkoordinasikan sistem kerjanya melalui komunikasi.

Bab lima menguraikan cara mengungkapkan gagasan atau pikiran secara tertulis. Penyampaian informasi tidak hanya dilakukan dengan informasi verbal saja namun kadangkala dalam situasi dituntut untuk dapat menuangkan ide, gagasan, informasi dan laporan dalam bentuk tulisan. Dalam bab ini diuraikan taktik dan tips dalam menulis.

Bab enam mengetengahkan penguasaan alat untuk mendukung dalam pengendalian sistem kerjanya melalui kinerja bawahan agar berjalan efektif  dengan manajemen umpan balik atas hasil kerja bawahan. Salah satunya adalah umpan balik motivasi kepada karyawan dengan memberikan bentuk penghargaan dan umpan balik formatif yang disampaikan untuk memperbaiki atau mengubah bentuk proses (perilak).

Bab tujuh mengetengahkan teknik menyusun standar dan penilaian karyawan. Keterampilan ini diperlukan sebagai dasar pengambilan keputusan seperti kenaikan upah, penugasan baru, promosi, keperluan pelatihan dan sebagainya. Faktor utama dalam menyusun standar adalah daftar pekerjaan, pengukuran, kualitas standard dan tingkat standart.  Penilaian kinerja karyawan pada dasarnya merupakan laporan formal yang mencakup informasi tentang kinerja karyawan, sehingga dalam menyusun penilaian haruslah dengna teliti, berfokus pada perilaku dan hasil, bersikap jurdil dan rasional.

Bab delapan membahas tentang pendisiplinan karyawan. Pendisiplinan karyawan bukanlah tindakan popular, tetap harus dilakukan karena merupakan bagian yang tidak terpisahka dari tugas supervisor dalam mengemban tugas dan tanggung jawab. Dalam bab ini uraikan pendisiplinan karyawan dengan tekanan pada upaya untuk menimbulkan disiplin diri dengan membahas faktor-faktor yang membantu upaya mendisiplinkan diri, mengindentifikasi karyawan yang memiliki masalah pribadi dan cara menanganinya, unsur-unsur penting untuk mendisiplinkan secara positif dan akhirnya langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mendisiplinkan karyawan secara progresif.

Bab sembilan menyajikan cara pengelolaan waktu yang efektif dan efisien. Bagaimana seorang supervisor dapat mengatur waktunya untuk mencapai target hasil dan proses yang sudah ditetapkan.

Kesimpulan :

Buku ini disusun membantu para supervisor memahami lingkup pekerjaan mereka dengan baik dengan memahami kegiatan dan ketrampilan yang diperukan dalam mengelola bawahan secara efektif. Dalam buku ini juga selain di jabarkan uraian teoritis terkait dengan hal-hal yang harus diketahui oleh seorang supervisor, buku inijuga disediakan latihan yang dapat digunakan untuk menguji pemahaman yang diperoleh. Dan pada bagian-bagian laing, tahapan langkah untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang disajikan. Sehingga diharapkan melalui buku ini, supervisor dapat lebih memahami pengetahuan dan ketrampilan mengkoordinasikan sistem kerja, menyusun rencana, memimpin, berkomunikasi, memberikan umpan balik yang efektif, menilai kerja, mendisiplinkan karyawan dan mengelola waktu dengan baik.

Sehingga dapat di nilai bahwa buku ini selain membuat kita Tahu (Know)  juga dapat membuat kita Mampu. 

About Gilang Prayoga

Kadang detak kehidupan tak sempat terekam Kadang sebuah pemikiran datang dan tak sempat terealisasikan. Hanya sedikit catatan tentang kehidupan

Posted on 25 October 2011, in Kolom Esai, Preview n Review, Tugas Kuliah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: